SELAMAT BERKUNGJUNG DI BLOG ZEKAMA MATONDANG

Senin, 13 Mei 2019

DEFENISI BLENDER

Halo Brow.. and Sist....pada postingan kali ini saya akan membagi (share) tentang aplikasi (software) yang disebut dengan Blender dan membahas bagaimana cara menginstal aplikasi blender pada Sistem Operasi Komputer kita... Tapi sebelumnya saya mau menjelaskan dulu nih, Apa sih software Blender itu sendiri ?

Blender merupakan software atau aplikasi 3D (3 Dimensi) yang bisa di dapatkan dan di pakai secara gratis alias free loh brow.. tidak membayar apapun sama sekali, Blender juga termasuk software Opensources yang dapat dijalankan di semua sistem operasi mulai dari Windows, Mac, Linux,Cocok deh buat teman teman yang lagi belajar untuk berkarya 3D tanpa harus beli Softwarenya heheheh.. suka aja yang gratis....

Pada tahun 1988-an Ton Roosendaal mendanai sebuah perusahaan yang bergerak dibidang animasi yang dinamakan NeoGeo. NeoGeo yang sangat berkembang pesat sehingga menjadi perusahaan animasi terbesar di Belanda dan salah satu perusahaan animasi terdepan di Eropa. Ton Roosendaal selain bertanggung jawab sebagai art director juga bertanggung jawab atas pengembangan perangkat lunak internal.
Pada tahun 1995 muncullah sebuah perangkat lunak yang pada akhirnya dinamakan Blender. Setelah diamati lebih dalam ternyata Blender ini memiliki potensi untuk digunakan oleh artis –artis di luar NeoGeo. Lalu pada tahun 1998 Ton mendirikan perusahaan  Untuk mengembangkan dan memasarkan Blender lebih jauh. Cita – cita adalah untuk menciptakan sebuah perangkat lunak animasi 3D yang padat, lintas platform yang gratis dan dapat digunakan oleh masyarakat pengguna komputer yang umum.
Sayangnya cita-cita nya tidak sesuai dengan kenyataan pasar saat itu. pada tahun 2001 dibentuk ulang menjadi perusahaan yang lebih kecil lalu meluncurkan perangkat lunak komersial pertamanya, Blender Publisher. Sasaran pasar perangkat lunak ini adalah untuk web 3D interaktif. Angka penjualan yang rendah dan iklim ekonomi yang tidak menguntungkan saat itu mengakibatkan  ditutup. Penutupan ini termasuk penghentian terhadap pengembangan Blender.
Karena tidak ingin Blender hilang ditelan waktu dan zaman begitu saja, Ton Roosendaal mendirikan organisasi non profit yang bernama Blender Foundation. Tujuan utama Blender Foundation adalah terus mempromosikan dan mengembangkan Blender sebagai proyek sumber terbuka. Pada tahun 2002 Blender dirilis ulang di bawah syarat–syarat GNU General Public License. Pengembangan Blender terus berlanjut hingga saat ini.
 Downlaan Software
Nah itu dia brow.. sejarah perkembangan aplikasi blender 3D, jadi brow and sis tidak kepikiran lagi bahwa Blender itu hanya bisa menghaluskan bahan makanan dan membuat Juce..heheh untuk brow and sist.. yang penasaran silahkan download aplikasinya sesuai dengan versi system operasi yang digunakan di komputernya. Sekian dan dari saya, semoga bermanfaat

Tidak ada komentar: